Buku Tamu Saya


ShoutMix chat widget

Yaya

lowongan kerja di rumah lowongan kerja di rumah

urut absen saja...

Hari ini....adakah diri di sini....???

Selasa, 04 Agustus 2009

PostHeaderIcon Saturnus Menyimpan Air Laut

SAN ANTONIO - Seperti halnya Bumi yang memiliki satelit alami bernama Bulan, Saturnus pun demikian. Yang menarik, para ilmuwan menemukan bahwa satelit alamiah Saturnus bernama Enceladus memiliki kandungan air laut yang terjaga oleh ammonia.
Tim peneliti yang diketuai William Lewis dari Southwest Research Institute di San Antonio, Texas mengatakan, bahwa zat ammonia dapat menjaga lautan yang berada di bawah tanah sehingga tidak membeku pada suhu ekstrim.
TG Daily, Jumat (24/7/2009) melansir, pesawat ulang alik Cassini menemukan semburan gas yang keluar dari retakan permukaan Enceladus pada saat misi penjelajahan saturnus pada 2005 silam.
Kini, tim Lewis menemukan bahwa semburan gas tersebut mengandung ammonia dan kumpulan gas lainnya yang berfungsi sebagai zat antibeku. Kumpulan gas itu rupanya yang menjaga cairan es dibawah kerak es. Gas tersebut memancar keluar dari gravitasi satelit alamiah Saturnus dan menjadi salah satu bagian cincin yang mengitari Saturnus."
Kami menyimpulkan, dari keseluruhan komposisi gas yang memancar itu berasal dari cairan yang tersimpan di dalam kerak es," kata Lewis.
Lewis melanjutkan, hasil temuan ini memperkuat bukti bahwa planet lain pun memiliki cairan yang tersimpan di dasar planet mereka, baik yang masih ataupun pernah ada.

0 komentar:

Posting Komentar

Mampir

Pengikut

Lazt Comments